Selasa, 09 Februari 2010

Sering sekali pengguna hand phone dibuat kesal oleh keberadaan "virus" didalam HP nya. Bahkan ada yang dirugikan dengan keberadaan "virus" ini karena banyak kasus terjadi pulsa raib karena adanya sms yang "terkirim" sendiri. Sms yg terkirim sendiri (oleh kebanyakan orang mengatakannya) sebenarnya karena sistem kerja dari sang "virus" yang terkoneksi dengan jalur GPRS untuk mengirimkan data ke server yang telah di setting dalam program "virus" tersebut dengan kata lain bila pengguna HP tidak mengaktifkan fitur GPRS nya maka tidak akan berkurang nilai pulsanya.

Varian dari 'virus' HP ini sebenarnya bermacam2. untuk saat ini yang ada adalah jenis commwarior, Guardian dan virus2 trojan. Untuk member Lumajang Online yang memiliki komputer dan perangkat Card Reader dapat mengatasi virus ini dengan mudah. Silahkan simak petunjuk gambar dibawah ini, saya buat dengan sesederhana mungkin agar mudah dimengerti. selamat menikmati :

1. Backup semua data yang ada di HP anda ke dalam MMC. misal kontak, sms, gambar dll. bila anda yakin sudah terbackup silahkan lepas MMC dari HP dan masukkan ke Card Reader sehingga biasanya akan muncul seperti gambar dibawah ini. Klik folder "system" dan perhatikan bila ada folder bernama "bootdata" berarti dapat dipastikan HP anda terkena "virus" Commwarior (ini ciri virus commwarior). Hapus folder "bootdata" tersebut. lihat gambar :

Click to see original size Click to see original size


2. Berikutnya klik folder "Apps" lalu perhatikan apakah ada folder2 dan file seperti petunjuk gambar dibawah ini. bila ada, hapus semua folder dan file tersebut. bila melihat gambar dibawah ini juga sama dengan yang didalam MMC anda berarti dipastikan HP anda sudah terinfeksi oelh 3 varian "virus".

Click to see original size

3. Cek juga di folder tempat penyimpanan sms anda, folder "Mail". Perhatikan dan ikuti petunjuk gambar dibawah ini

Click to see original size


4. Langkah terakhir pembersihan "virus" di MMC anda adalah dengan memperhatikan file pendukung virus2 ini yang terdapat dalam folder "recogs", ikuti petunjuk gambar dibawah ini.

Click to see original size

nama dari virus2 trojan dan commwarior tidaklah selalu sama seperti contoh2 diatas. namun anda bisa memastikannya dengan memperhatikan susunan huruf dan extension dari nama virus tersebut. sebagai contoh kjgshr3j&jd.sis atau hetydgw@1h.sis atau wkey%jddj.exe dan lain-lain, perhatikan bahwa ciri dari virus2 ini tidak mempunyai nama dengan susunan huruf yang beraturan membentuk subuah frasa kata yg dapat diucapkan seperti lazimnya. jika menjumpai file2 seperti ini jangan ragu utk menghapusnya.

5. Setelah MMC dibersihkan jangan dimasukkan dahulu kedalam HP, format dulu HP anda dengan menggunakan trik 3 jari :

untuk HP Nokia jenis WD2 (seri 6600, 7610, 3230 dan sejenisnya) nyalakan HP lalu segera tekan bersamaan tombol * 3 dan OK/YES, tahan dulu hingga keluar tulisan formating lalu lepaskan, akan memformat dengan sendirinya hingga selesai.
Untuk HP Nokia BB5 (N series) tertentu (N70, N73 dan sejenisnya) nyalakan HP lalu segera tekan bersamaan tombol * 3 dan OK/YES, tahan dulu hingga keluar tulisan NOKIA dan ada blink sekali lalu lepaskan.selesai.


demikian sedikit tutor yang sederhana ini, semoga bermanfaat dan dapat mengatasi 'virus' HP secara swadaya.
mohon koreksi bila ada kesalahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar