Senin, 15 Februari 2010

BANK SOAL MATEMATIKA

PAKET 1
CONTOH SOAL DAN PEMBAHASAN
MATEMATIKA SMP/MTs


1. * Kemampuan yang diuji. Operasi hitung campuran bilangan bulat.
* Indikator soal Menentukan hasil operasi campuran bilangan bulat.
* Soal
Hasil dari (12) : 3 + 8  (5) adalah ....
A. 44 C. 28
B. 36 D. 48
* Pembahasan
(12) : 3 + 8  (5) =  4 + (40)
=  44

2. * Kemampuan yang diuji.Operasi hitung campuran bilangan bulat.
* Indikator soalMenyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan operasi hitung bilangan bulat
* Soal
Suhu tempat A adalah 100 C di bawah nol, suhu tempat B adalah 200C di atas nol, dan suhu tempat C adalah tepat di antara suhu tempat A dan tempat B. Suhu tempat C adalah ....
A. – 150 C. 50
B. – 50 D. 150
* Pembahasan
100 di bawah nol di artikan –10, sedangkan 200 di atas nol diartikan +20.
Selisih antara –10 dengan +20 adalah 30, karena tempat C di antara tempat A dan B, maka:
30 : 2 = 15. Suhu tempat C adalah –100 + 15 = 50.

3. * Kemampuan yang diuji.Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bilangan pecahan.
* Indikator soal Mengurutkan beberapa bentuk pecahan
* Soal
Urutan dari kecil ke besar untuk pecahan adalah ....
A. C.
B. D.
* Pembahasan
KPK dari 5, 9, dan 7 adalah 315, maka: , , dan
Urutan dari kecil ke besar adalah , , atau



4. * Kemampuan yang diuji. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bilangan pecahan.
* Indikator soal Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan operasi hitung pecahan
* Soal
Luas taman pak Ahmad 300 m2. bagian ditanami bunga mawar, bagian ditanami bunga melati, bagian ditanami bunga anyelir, dan sisanya dibuat kolam.
Luas kolam adalah ....
A. 45 m2 B. 55 m2 C. 65 m2 D. 75 m2
* Pembahasan
KPK dari 3, 4, dan 5 adalah 60.
Luas kolam adalah 1 – ( + + ) = 1 – ( + + )
= 1 –
=
Luas kolam =  300m2
= 65 m2
5. * Kemampuan yang diuji.Menyelesaikan masalah berkaitan dengan skala dan perbandingan.
* Indikator soal Menentukan salah satu dari jarak sebenarnya, skala gambar, atau jarak pada gambar
* Soal
Jarak sebenarnya antara dua kota 80 km, sedangkan jarak pada peta 5 cm.
Skala peta tersebut adalah ....
A. 1 : 400 B. 1 : 40.000 C. 1 : 160.000 D. 1 : 1.600.000
* Pembahasan
Jarak sebenarnya 80 km = 8.000.000 cm, jarak pada peta 5 cm.
Skala peta adalah 5 : 8.000.000 = 1 : 1.600.000

6. * Kemampuan yang diuji.Menyelesaikan masalah berkaitan dengan skala dan perbandingan.
* Indikator soal Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan perbandingan senilai atau berbalik nilai
* Soal
Sebuah mobil memerlukan 15 liter bensin untuk menempuh jarak sejauh 180 km. Jika tangki mobil tersebut berisi 20 liter bensin, jarak yang dapat ditempuh adalah ....
A. 320 km B. 240 km C. 230 km D. 135 km
* Pembahasan
15 liter 180 km
20 liter km = 240 km
Jarak yang dapat ditempuh dengan 20 liter bensin adalah 240 km.
7. * Kemampuan yang diuji.Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan jual beli.
* Indikator soalMenentukan salah satu dari harga pembelian, harga penjualan, atau persentase untung/rugi
* Soal
Harga pembelian 2 lusin buku Rp76.800,00. Buku dijual eceran dengan harga Rp4.000,00 tiap buah. Persentase untung atau ruginya adalah ....
A. untung 25% B. rugi 25% C. untung 20% D. rugi 20%
* Pembahasan
2 lusin = 24 buah.
Harga pembelian tiap buah = Rp76.800,00 : 24
= Rp3.200,00
Harga penjualan tiap buah Rp4.000,00
Karena harga penjualan lebih besar dari pembelian, maka ia mendapat untung.
Untung = Rp4.000,00 – Rp3.200,00
= Rp800,00
Persentase untung adalah = 25%
8. * Kemampuan yang diuji.Menyelesaikan masalah berkaitan dengan jual beli.
* Indikator soal Menentukan salah satu dari harga pembelian, harga penjualan, atau persentase untung/rugi
* Soal
Dengan harga jual Rp9.000.000,00 seorang pedagang rugi 10%.
Harga pembeliannya adalah ....
A. Rp10.000.000.00 C. Rp8.100.000,00
B. Rp9.900.000,00 D. Rp900.000,00
* Pembahasan
Pembelian = 100%
Rugi = 10%
Penjualan = 100% - 10% = 90% (Rp9.000.000,00)
Harga pembeliannya adalah Rp9.000.000,00 = Rp10.000.000,00
9. * Kemampuan yang diuji. Menyelesaikan masalah berkaitan dengan perbankan dan koperasi.
* Indikator soal Menentukan salah satu dari persentase bunga, waktu, atau besar uang setelah n bulan, jika unsur yang diperlukan diketahui
* Soal
Andi menabung uang sebesar Rp800.000,00 di Bank dengan bunga 6% per tahun.
Jumlah tabungan Andi setelah 9 bulan adalah ....
A. Rp836.000,00 C. Rp848.000,00
B. Rp840.000,00 D. Rp854.000,00
* Pembahasan
Bunga selama 1 tahun 6% = Rp800.000,00
= Rp48.000,00
Bunga selama 9 bulan = Rp48.000,00
= Rp36.000,00
Jumlah tabungan Andi setelah 9 bulan adalah:
Rp800.000,00 + Rp36.000,00 = Rp836.000,00
10. * Kemampuan yang diuji. Menyelesaikan masalah berkaitan dengan barisan bilangan.
* Indikator soal Menyelesaikan soal tentang gambar berpola.
* Soal
Perhatikan gambar pola berikut!



(1) (2) (3)
Banyak lingkaran pada pola ke-25 adalah ….
A. 675 B. 650 C. 600 D. 550
* Pembahasan
Pola ke-1 = 1  2 = 2
Pola ke-2 = 2  3 = 6
Pola ke 3 = 3  4 = 12
... (dst, hingga pola ke-25)
Pola ke-25 = 25  26
= 650
11. * Kemampuan yang diuji. Menyelesaikan masalah berkaitan dengan barisan bilangan.
* Indikator soal Menentukan rumus suku ke-n barisan bilangan.
* Soal
Rumus suku ke-n barisan bilangan 20, 17, 14, 11, … adalah ….
A. 23 – 3n B. 23n – 3 C. 17 + 3n D. 17n + 3
* Pembahasan
Beda tiap suku pada barisan bilangan tersebut adalah – 3.
Suku pertama (20) → (– 3 × 1) + 23
Suku kedua (17) → (– 3 × 2) + 23
Suku ketiga (14) → (– 3 × 3) + 23
Suku keempat (11) → (– 3 × 4) + 23
Jadi, suku ke-n → (– 3 × n) + 23 = – 3n + 23, atau 23 – 3n.

12. * Kemampuan yang diuji. Mengalikan bentuk aljabar.
* Indikator soal Menentukan hasil perkalian bentuk aljabar suku dua.
* Soal
Hasil dari (3p+q)(2p– 5q) adalah ....
A. 6p2 – 13pq – 5q2 C. 6p2 – 17pq – 5q2
B. 6p2 + 13pq – 5q2 D. 6p2 + 17pq – 5q2
* Pembahasan
(3p+q)(2p– 5q) = 3p(2p – 5q) + q(2p – 5q)
= 6p2 – 15pq + 2pq – 5q2
= 6p2 – 13pq – 5q2

13. * Kemampuan yang diuji. Menyederhanakan bentuk aljabar dengan memfaktorkan.
* Indikator soal Menyederhanakan pecahan bentuk aljabar.
* Soal
Bentuk sederhana dari adalah ....
A. B. C. D.

* Pembahasan
=
=

14. * Kemampuan yang diuji Menghitung operasi tambah, kurang, kali, bagi atau kuadrat bentuk aljabar
* Indikator soal Menentukan hasil operasi hitung bentuk aljabar
* Soal
Diketahui A = 2x + 4xy – 6y dan B = 5x – 7xy + y. Hasil A – B adalah ....
A. -3x + 11xy – 7y
B. -3x - 11xy + 7y
C. 7x – 3xy + 7y
D. 7x + 11xy – 7y
* Pembahasan
A – B = (2x + 4xy – 6y) – (5x – 7xy + y)
= 2x + 4xy – 6y + 5x + 7xy – y
= 2x + 5x + 4xy + 7xy – 6y – y
= 7x + 11xy – 7y

15. * Kemampuan yang diuji. Menentukan irisan atau gabungan dua himpunan dan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan irisan atau gabungan dua himpunan.
* Indikator soalMenentukan irisan dua himpunan.
* Soal
Diketahui A = {x | x < 10, x bilangan prima} dan
B = {x|1< x < 10, x bilangan ganjil}.
A B adalah ….
A. { 3, 4, 5 } B. { 3, 5, 7 } C. { 2, 3, 5 } D. {1, 3, 5, 7 }
* Pembahasan
A = {x | x < 10, x bilangan prima}, maka A={2,3,5,7},
B = {x |1< x < 10, x bilangan ganjil}, maka B={3,5,7,9}
A B = {3,5,7}

16. * Kemampuan yang diuji.Menentukan penyelesaian persamaan linear satu variabel
* Indikator soal Menentukan penyelesaian persamaan linear satu variabel
* Soal
Penyelesaian dari 2(3x – 6) = 3(x + 5) adalah ....

A. x = 1 B. x = 3 C. x = 6 D. x = 9
* Pembahasan


17. * Kemampuan yang diuji. Menentukan irisan atau gabungan dua himpunan dan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan irisan atau gabungan dua himpunan.
* Indikator soal Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan irisan dua himpunan.
* Soal
Dari 143 siswa, 95 siswa senang matematika, 87 siswa senang fisika, dan 60 siswa senang keduanya. Banyak siswa yang tidak senang matematika maupun fisika ada ….
A. 21 orang B. 27 orang C. 35 orang D. 122 orang
* Pembahasan
Misal: yang senang matematika adalah A, dan yang senang fisika adalah B, maka:
n(S) = n(A) + n(B) – n(A B) + n(AB)C
143 = 95 + 87 – 60 + n(AB)C
143 = 122 + n(AB)C
n(AB)C = 143 – 122
n(AB)C = 21
Jadi, siswa yang tidak senang matematika maupun fisika ada 21 orang.

18. * Kemampuan Yang Diuji Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan relasi dan fungsi
* Indikator Soal Menentukan diagram panah/himpunan pasangan berurutan/diagram cartesius yang merupakan pemetaan/fungsi
* Soal
Diketahui himpunan pasangan berurutan :
(1). {(1, a), (2, a), (3, a), (4, a) }
(2). {(1, a), (1, b), (1, c), (1, d) }
(3). {(1, a), (2, a), (3, b), (4, b) }
(4). {{1, a), (2, b), (1, c), (2, d) }
Himpunan pasangan berurutan yang merupakan pemetaan/fungsi adalah ....

A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (3)
D. (2) dan (4)

* Pembahasan
Pemetaan/fungsi dari himpunan A ke himpunan B adalah relasi yang memasangkan setiap anggota A dengan tepat satu anggota B. (1) dan (3) memenuhi syarat sebagai pemetaan/fungsi.

19. * Kemampuan Yang Diuji Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan relasi dan fungsi
* Indikator Soal Menentukan nilai fungsi
* Soal
Rumus sebuah fungsi adalah f (x) = 1 – 2x2. Nilai f (2) adalah ....
A. 7 B. 3 C. 5 D. 9
* Pembahasan



20. * Kemampuan Yang Diuji Menentukan gradien, persamaan garis dan grafiknya
* Indikator Soal Menentukan gradien garis
* Soal
Gradien garis dengan persamaan 4x – 2y + 8 = 0 adalah ....

A. 2
B.
C.
D.

* Pembahasan
Gradien garis dengan persamaan 4x – 2y + 8 = 0 adalah :


21. * Kemampuan Yang Diuji Menentukan gradien, persamaan garis dan grafiknya
* Indikator Soal Menentukan persamaan garis
* Soal
Persamaan garis melalui titik (-4, -2) dan tegak lurus dengan garis 2x + 6y – 12 = 0 adalah ....

A. 3y = x – 2
B. 3y = - x – 10
C. y = 3x + 10
D. y = -3x – 14

* Pembahasan
Gradien garis dengan persamaan 2x + 6y – 12 = 0 adalah
Gradien garis yang tegak lurus dengan garis 2x + 6y – 12 = 0 mempunyai gradien 3
Persamaan garis melalui titik (-4, -2) dan tegak lurus dengan garis 2x + 6y – 12 = 0 adalah :


22. * Kemampuan Yang Diuji Menentukan penyelesaian sistem persamaan linier dua variabel
* Indikator Soal Menentukan penyelesaian dari SPLDV
* Soal
Penyelesaian dari sistem persamaan x – 3y = 1 dan x – 2y = 2 adalah ....

A. x = 1 dan y = 4
B. x = 4 dan y = 1
C. x = 2 dan y = 7
D. x = 7 dan y = 2

* Pembahasan
x – 3y = 1
x – 2y = 2
------------ 
y = 1  y = 1
x – 2y = 2  x = 2y + 2  x = 4
Jadi penyelesaiannya x = 4 dan y = 1

23. * Kemampuan Yang Diuji Menentukan penyelesaian sistem persamaan linier dua variabel
* Indikator Soal Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan SPLDV
* Soal
Keliling persegipanjang adalah 30 cm. Jika ukuran panjang 5 cm lebihnya dari lebar, maka lebar persegipanjang tersebut adalah ....

A. 5 cm
B. 10 cm
C. 15 cm
D. 20 cm

* Pembahasan


24. * Kemampuan Yang Diuji Menyelesaikan soal dengan menggunakan teorema Pythagoras
* Indikator Soal Menentukan bilangan-bilangan yang merupakan tripel Pythagoras
* Soal
Perhatikan bilangan-bilangan berikut:
(1). 13, 12, 5
(2). 6, 8, 11
(3). 7, 24, 25
(4). 20, 12, 15
Di antara bilangan di atas yang merupakan tripel Pythagoras adalah ....

A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (3)
D. (2) dan (4)

* Pembahasan

132 = 122 + 52
169 = 144 + 25
169 = 169
Jadi 13, 12, 5 merpakan tripel Pythagoras

252 = 242 + 72
625 = 576 + 49
625 = 625
Jadi 7, 24, 25 merupakan tripel Pythagoras


25. * Kemampuan Yang Diuji Menghitung luas bangun datar
* Indikator Soal Menghitung luas segiempat
* Soal
Panjang sisi sejajar pada trapesium sama kaki adalah 15 cm dan 25 cm. Jika panjang kaki trapesium 13 cm, maka luas trapesium adalah ....

A. 120 cm2
B. 240 cm2
C. 360 cm2
D. 480 cm2

* Pembahasan







26. * Kemampuan Yang Diuji Menghitung keliling bangun datar dan penggunaan konsep keliling dalam kehidupan sehari-hari
* Indikator Soal Menghitung keliling gabungan beberapa bangun datar
* Soal
Perhatikan gambar berikut!

Keliling bangun pada gambar di atas adalah ....
A. 34 cm
B. 50 cm
C. 52 cm
D. 60 cm

* Pembahasan

Jadi keliling bangun = 52 cm

27. * Kemampuan Yang Diuji Menghitung besar sudut pada bidang datar
* Indikator Soal Menentukan besar salah satu sudut yang saling berpenyiku/berpelurus
* Soal
Perhatikan gambar berikut!

Besar  COE pada gambar di atas adalah ....

A. 750
B. 720
C. 650
D. 620

* Pembahasan


28. * Kemampuan Yang Diuji Menghitung besar sudut yang terbentuk jika dua garis berpotongan atau dua garis sejajar berpotongan dengan garis lain
* Indikator Soal Menghitung besar sudut yang saling berhubungan (sehadap, bertolak belakang, berseberangan atau sepihak)
* Soal
Perhatikan gambar berikut!

Nilai y pada gambar di atas adalah ....

A. 200
B. 300
C. 350
D. 400

* Pembahasan
1200 + 3x0 = 1800
3x0 = 600
2y0 = 3x0
2y0 = 600
y0 = 300
29. * Kemampuan Yang Diuji Menghitung besar sudut pusat dan sudut keliling pada lingkaran
* Indikator Soal Menghitung besar sudut pusat atau sudut keliling pada lingkaran
* Soal
Perhatikan gambar berikut!

Besar  BOC pada gambar di atas adalah ....


A. 450
B. 500
C. 900
D. 1000

* Pembahasan
 BAC = 250 + 200 = 450
 BOC = 2   BAC = 900

30. * Kemampuan Yang Diuji Menyelesaikan masalah dengan menggunakan konsep kesebangunan
* Indikator Soal Menghitung panjang sisi pada dua segitiga sebangun
* Soal
Perhatikan gambar berikut!

Panjang EF pada gambar di atas adalah ....

A. 6,25 cm
B. 6,75 cm
C. 7,00 cm
D. 7,25 cm

* Pembahasan



EF = 1 + 6 = 7 cm

31. * Kemampuan Yang DiujiMenyelesaikan masalah dengan menggunakan konsep kesebangunan
* Indikator Soal Menyelesaikan soal yang berkaitan dengan kesebangunan
* Soal
Berikut ini adalah beberapa foto dengan ukuran:
(1) 2 cm  3 cm
(2) 3 cm  4 cm
(3) 4 cm  6 cm
(4) 6 cm  10 cm
Foto yang sebangun adalah ....

A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (3)
D. (3) dan (4)

* Pembahasan
Foto dengan ukuran 2 cm  3 cm sebangun dengan foto dengan ukuran 4 cm  6 cm, karena panjang sisi-sisi yang bersesuaian sebanding

32. * Kemampuan yang diuji. Menyelesaikan masalah dengan menggunakan konsep kongruensi
* Indikator soal Diberikan gambar dua segitiga kongruen, siswa dapat menentukan pasangan sisi atau sudut yang sama, jika unsur yang diperlukan diketahui.
* Soal
Perhatikan gambar!
C F




A B D E
Pasangan sudut yang sama besar adalah….
A. A dengan D
B. B dengan D
C. B dengan E
D. C dengan F
* Pembahasan
Besar sudut yang sama harus diapit oleh panjang sisi yang sama, maka
 A =  F ( diapit oleh sisi 1 dan 3 )
B =  D ( diapit oleh sisi 1 dan 2 )
dan  C =  E ( diapit oleh sisi 2 dan 3 )


33. * Kemampuan yang diuji. Menentukan unsur-unsur bangun ruang sisi datar
* Indikator soal Siswa dapat menentukan menentukan banyak diagonal sisi, bidang diagonal atau diagonal ruang pada kubus dan balok
* Soal
Banyak bidang diagonal pada balok adalah….
A. 10 B. 11 C. 18 D. 27
* Pembahasan
Banyak bidang diagonal balok = Banyak rusuk : 2
= 12 : 2 = 6

34. * Kemampuan yang diuji. Menentukan unsur-unsur bangun ruang sisi datar
* Indikator soal Siswa dapat menentukan menentukan rusuk atau sisi pada prisma atau limas
* Soal
Banyak sisi pada prisma dengan alas segi-9 adalah….
A. 10 C. 18
B. 11 D. 27
* Pembahasan
Banyak sisi = alas + sisi tegak + tutup
= 1 + 9 + 1 = 11

35. * Kemampuan yang diuji. Menentukan jaring-jaring bangun ruang
* Indikator soal Diberikan gambar rangkaian persegi, siswa dapat menentukan rangkaian yang merupakan jaring-jaring kubus.
* Soal
Rangkaian persegi di bawah adalah jaring-jaring kubus. Jika nomor 2 merupakan alas kubus, maka yang merupakan tutup kubus adalah nomor ….
A. 1 C. 5
B. 4 D. 6


* Kunci jawaban: C

* Pembahasan
Cukup jelas
36. * Kemampuan yang diuji.Menghitung volume bangun ruang sisi datar dan sisi lengkung
* Indikator soal Siswa dapat menghitung volume kubus, balok, prisma atau limas
* Soal
Volum balok yang berukuran panjang 8 cm, lebar 6 cm dan tinggi 3 cm adalah ....
A. 144 cm3 C. 34 cm3
B. 124 cm3 D. 18 cm3
* Pembahasan
Panjang = 8 cm, lebar = 6 cm, tinggi = 3 cm
Volume = p x l x t
= 8 x 6 x 3
= 144 cm3

37. * Kemampuan yang diuji.Menghitung volume bangun ruang sisi datar dan sisi lengkung
* Indikator soal Siswa dapat menghitung volume tabung, kerucut atau bola
* Soal
Volum kerucut dengan panjang jari-jari 5 cm, dan tinggi 12 cm adalah .…
( = 3,14)
A. 314 cm3 C. 628 cm3
B. 471 cm3 D. 942 cm
* Pembahasan
Diketahui : r = 5 cm dan t = 12 cm
V = x r2t
= x 3,15 ( 5 x 5) x 12
= 314 cm

38. * Kemampuan yang diuji. Menghitung volume bangun ruang sisi datar dan sisi lengkung
* Indikator soal Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan volume bangun ruang sisi lengkung
* Soal
Perhatikan gambar bandul yang dibentuk oleh kerucut dan belahan bola!



39 cm





30 cm
Volum bandul tersebut adalah.... (=3,14)
A. 15.543 cm³ C. 18.681 cm³
B. 15.675 cm³ D. 18.836 cm³
* Pembahasan


39. * Kemampuan yang diuji. Menghitung luas permukaan bangun ruang sisi datar dan sisi lengkung
* Indikator soalSiswa dapat menghitung luas kubus, balok, prisma atau limas
* Soal
Keliling alas sebuah kubus 28 cm. Luas seluruh bidang sisi kubus tersebut adalah ….
A. 343 cm2 C. 168 cm2
B. 294 cm2 D. 49 cm2
* Pembahasan
Diketahui : rusuk alas = 28 : 4 = 7 cm
L = 2  r2 = 6  72
= 294 cm2

40. * Kemampuan yang diuji. Menghitung luas permukaan bangun ruang sisi datar dan sisi lengkung
* Indikator soal Siswa dapat menghitung luas tabung, kerucut atau bola
* Soal
Luas seluruh permukaan tabung tanpa tutup yang panjang jari-jarinya 7 cm dan tingginya 10 cm adalah ….
A. 154 cm2 C. 594 cm2
B. 440 cm2 D. 748 cm2
* Pembahasan
Diketahui : r = 7 cm dan t = 10 cm
L = L.alas + L. selimut
L = r2 + 2rt
= x ( 7 x 7) + (2 x x 7 x 10)
= (154 + 440) cm2
= 594 cm

41. * Kemampuan yang diuji. Menentukan ukuran pemusatan dan menggunakan dalam menyelesaikan masalah sehari-hari
* Indikator soal Siswa dapat mean , median atau modus data tunggal
* Soal
Modus dari data 7, 8, 6, 5, 6, 5, 8, 7, 6, 9 adalah ....
A. 6 C. 6, 7
B. 6, 5 D. 7
* Pembahasan
Modus adalah nilai yang sering muncul yaitu 6

42. * Kemampuan yang diuji. Menentukan ukuran pemusatan dan menggunakan dalam menyelesaikan masalah sehari-hari
* Indikator soal Siswa dapat mean , median atau modus data tunggal pada tabel frekuensi
* Soal
Median pada tabel di bawah adalah….
Nilai 3 4 5 6 7 8 9 10
Frekuensi 2 6 4 8 6 7 5 2
A. 6 C. 7
B. 6,5 D. 7,5
* Pembahasan
Mediannya = urutan
= = 6,5 (karena 40 data, jika diurutkan suku tengahnya adalah ke-20 dan 21)

43. * Kemampuan yang diuji.Menentukan ukuran pemusatan dan menggunakan dalam menyelesaikan masalah sehari-hari
* Indikator soal Siswa dapat menafsirkan data pada tabel frekuensi
* Soal
Perhatikan tabel berikut :
Nilai 4 5 6 7 8
Frekuensi 2 7 5 4 2
Banyak siswa yang mendapat nilai lebih dari nilai rata-rata adalah ….
A. 5 orang C. 7 orang
B. 6 orang D. 11 orang
* Pembahasan
Nilai rata-rata = 5, 85
Nilai lebih dari 5,85 = nilai 6, 7 dan 8
= 5 + 4 + 2 = 11 orang

44. * Kemampuan yang diuji. Menentukan ukuran pemusatan dan menggunakan dalam menyelesaikan masalah sehari-hari
* Indikator soal Siswa dapat soal cerita yang berkaitan dengan nilai rata-rata
* Soal
Dari 8 orang pemain Volly, tinggi rata-ratanya 176 cm. Setelah 2 orang keluar dari Tim , tinggi rata-ratanya menjadi 175 cm. Tinggi rata-rata pemain yang keluar itu adalah….
A. 169 cm C. 174 cm
B. 171 cm D. 179 cm
* Pembahasan
Jumlah tinggi pemain yang keluar = 8 x 176 – 6 x 175 = 358 cm
Tinggi rata-rata = 358 : 2 = 179 cm

45. * Kemampuan yang diuji. Menyajikan dan menafsirkan data
* Indikator soal Siswa dapat menyelesaikan soal yang berkaitan dengan diagram batang, diagram lingkaran atau diagram garis
* Soal
Data penjualan beras dari toko sembako pada lima hari minggu pertama bulan januari.







Jumlah beras rata-rata yang terjual setiap hari pada minggu tersebut adalah….
A. 35 kwintal C. 42 kwintal
B. 40 kwintal D. 44 kwintal
* Pembahasan
Rata-rata beras terjual = = = 42 kwintal

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar