Kamis, 11 Februari 2010

PMR



Lidah buaya telah lama dikenal memiliki khasiat obat. Salah satunya untuk obat luka bakar dan luka.

Jika suatu saat anda terkena api atau tersiram air panas dan kebetulan anda tidak memiliki obat, tidak usah bingung. Anda dapat menggunakan tanaman lidah buaya sebagai obat pada pertolongan pertama.

Caranya sangat mudah, anda tinggal mengambil satu helai daun lidah buaya yang sudah tua, biasanya dibagian bawah. Cuci hingga bersih. Setelah itu, kupas kulit luarnya dan ambil bagian dalamnya. Haluskan isi daun lidah buaya itu, bisa menggunakan alat penumbuk atau dicacag menggunakan pisau.

Kalau dirasa sudah halus, balurkan obat itu pada bagian kulit yang terbakar. Lebih cepat lebih baik. Selain mengurangi rasa panas, zat yang terkandung pada isi tanaman lidah buaya itu juga mampu menekan kemungkinan kulit yang terbakar jadi melepuh.

Selain untuk obat luka bakar, masyarakat di pedesaan juga biasa memanfaatkan daun lidah buaya sebagai obat luka, khususnya untuk menghentikan pendarahan. Caranya sederhana, ambil satu helai daun tanaman lidah buaya yang sudah tua, cuci bersih kemudian iris bagian pangkalnya menggunakan pisau. Ambil cairan yang keluar dan oleskan pada bagian kulit yang terluka.

Sekedar catatan, ramuan obat daun lidah buaya ini sifatnya hanya sebagai obat pada pertolongan pertama. Oleh sebab itu, kalau luka bakar atau luka yang anda derita cukup serius, anda juga harus memeriksakan diri pada dokter. Tetapi setidaknya dengan obat pertama ini anda akan terhindar dari dampak yang lebih parah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar